Arsip Materi

Radio Dakwah Online

Taubat dari Perbuatan Zinâ

Oleh: Al-Ustâdz Abû Abdillâh Muhammad Al-Makassarî

Ada pemuda-pemudi melakukan zina beberapa waktu yang lalu. Keduanya ingin bertaubat. Pertanyaan:

a. Bagaimana taubatnya?

b. Haruskah keduanya menikah?

c. Bagaimana kalau orang tua wanita tetap tidak setuju?

d. Bagaimana nanti status anak keduanya?

Mohon bantuannya supaya mereka berdua dapat kembali ke jalan yang benar.

Ahmad Abdullah
ahm…@plasa.com

Jawab:

Cara Taubatnya

Keduanya bertaubat kepada Allah dengan taubat nasuha yaitu dengan memenuhi tiga syarat taubat yang disebutkan oleh para ulama. Tiga syarat ini disimpulkan oleh para ulama dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Pertama, keduanya harus menyesali perbuatan tersebut. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

النَّدَمُ تَوْبَةٌ

“Sesungguhnya penyesalan itu adalah taubat.”1

Karena itu hendaklah keduanya menyesali apa yang telah mereka lakukan.

Kedua, melepaskan diri dan menjauhkan diri sejauh-jauhnya dari perbuatan yang seperti itu. Tidak lagi mengulangi maupun mendekati apa-apa yang akan menyeret dan mengantar kepada perzinaan, seperti pergaulan bebas dengan wanita (pacaran), berbincang-bincang secara bebas dengan wanita yang bukan mahram, bercengkerama, ikhtilath/bercampurbaur. Semuanya adalah perkara yang diharamkan syariat untuk menutupi pintu perzinaan. Hendaknya keduanya menjauhkan diri dari itu semua.

Ketiga, kemudian keduanya ber-‘azam/bertekad kuat untuk tidak mengulangi kembali perbuatannya tersebut. Juga beristighfar kepada Allah, memohon ampunan-Nya. Dalam hal ini ada hadits Abu Bakr Ash-Shiddiq tentang disyariatkannya seseorang yang telah melakukan perbuatan maksiat untuk shalat dua rakaat lalu memohon ampunan kepada Allah.2

Haruskah Keduanya Menikah?

Keduanya tidak harus menikah. Namun tidak mengapa keduanya menikah dengan syarat: apabila wanita yang telah dizinai tersebut hamil karena perzinaan itu, maka tidak boleh menikahinya pada masa wanita itu masih hamil. Mereka harus menunggu sampai si wanita melahirkan bayinya, baru boleh menikahinya. Inilah pendapat yang benar yang disebutkan oleh ulama, yaitu bahwa wanita yang hamil karena perzinaan tidak boleh dinikahi sampai melahirkan. Karena di sana ada dalil yang menuntut adanya istibra` ar-rahim (pembebasan rahim) dari bibit seseorang. Karena itu rahim harus dibebaskan terlebih dahulu dengan cara menunggu sampai lahir, sehingga rahimnya bebas tidak ada lagi bibit di dalamnya. Setelah itu baru bisa menikahinya. Itu pun apabila keduanya bertaubat dari perzinaan.

Apabila wanita yang dizinainya tidak sampai hamil, maka pembebasan rahimnya dengan cara menunggu haid berikutnya. Setelah melakukan perzinaan kemudian dia haid. Dalam kasus yang seperti ini, boleh menikahinya setelah melewati satu kali masa haid, yang menunjukkan bahwa memang tidak ada bibit yang tersimpan dalam rahimnya. Dan tentunya ini apabila keduanya bertaubat dari perzinaan.

Adapun jika salah satu dari keduanya belum bertaubat dari perzinaan tersebut, sehingga salah satu dari keduanya masih berlaku padanya nama zaani (pezina) maka keduanya tidak boleh menikah. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

﴿الزَّانِي لا يَنْكِحُ إِلا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَالزَّانِيَةُ لا يَنْكِحُهَا إِلا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ وَحُرِّمَ ذَلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ﴾

“Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan yang musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang mukmin.” (An-Nur: 3)

Maksudnya, seorang pezina diharamkan menikah dan sebaliknya wanita pezina juga haram dinikahi. Jadi bolehnya menikah adalah apabila keduanya memang sudah bertaubat dari perzinaan tersebut, sehingga tidak lagi dinamakan lelaki pezina atau wanita pezina.

Bagaimana Status Anak Keduanya?

Ini tentunya kalau ditakdirkan bahwa wanita yang dizinai tersebut hamil akibat perzinaan tersebut. Status anak tersebut adalah anak yang lahir karena perzinaan. Anak ini tidak boleh dinasabkan pada lelaki yang berzina dengan ibunya, karena dia bukanlah ayahnya secara syariat. Oleh karena itu, sang anak dinasabkan kepada ibunya. Demikian pula tidak boleh saling waris-mewarisi. Juga seandainya anak tersebut wanita, maka laki-laki tersebut tidak boleh menjadi walinya dalam pernikahan dan juga bukan mahramnya sehingga tidak berlaku padanya hukum-hukum mahram. Sehingga laki-laki itu tidak boleh berkhalwat dengannya, tidak boleh melihat wajahnya, tidak boleh berjabat tangan dengannya, dan seterusnya. Satu-satunya hukum yang berlaku adalah bahwa si laki-laki tidak boleh menikahi anak hasil perzinaan tersebut, karena anak wanita itu berasal dari air maninya. Hanya ini satu-satunya hukum yang berlaku, sebagaimana diterangkan oleh para ulama. Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.

Footnote:

1 HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al-Hakim dan yang lainnya dari Abdullah ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Ibni Majah (4252).
2 HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan yang lainnya, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud (1021).

Sumber: Majalah Asy Syarî`ah, Vol. III/No. 26/1427H/2006, Kategori: Problema Anda, hal. 74-75. Dicopy dari http://www.asysyariah.com/print.php?id_online=376

40 comments to Taubat dari Perbuatan Zinâ

  • hafidz

    Saya hanya ingin menanyakan, apakah cukup dengan taubat nasuha saja. Soalnya setahu saya, bila seseorang berbuat zina harus dihukum rajam. Bagaimana dengan itu ustadz..??

  • subhan

    pak ustad , bagaimana kalau menikah setelah berbuat zina… dan hamil nya sebelum nikah…???? apakah wajib menikah lagi…??? nikah nya halal..??? apakah hubungan intim itu halal…setelah nikah tsb ??? krn wanita itu dlm keadaan hamil waktu di nikahi….?? tapi janin si laki2 yg menikahi tsb. mohon penjelasan pak ustadz…tks,

  • muhib

    assalamu’alaikum wr.wb
    ustad yang saya hormati

    saya ingin bertanya jika seorang pemuda mendekati seorang wanita lalu keduanya bercengkrama serta berciuman,lalu pemuda ini sadar dan langsung menjauhi dirinya dari wanita tersebut. pemuda ini ingin bertaubat dari dosa2 yang telah diperbuat olehnya tapi dia selalu dihantui rasa bersalah pada dirinya sendiri yang telah berbuat seperti itu. yang ingin saya tanyakan apakah pemuda itu bisa bertaubat dan apa pemuda itu harus meminta maaf kepada wanita tersebut ustad?jika iya, bagaimana kalo wanita itu tidak memaafkan??? serta bagaimana cara pemuda tadi menghilangkan rasa takutnya itu???
    klo usta d bersedia tolong kirim jawabannya ke email saya : muhib_cnd@yahoo.co.id

  • Al haramain

    Sy mau nanya ustadz sy skrng lg ada mslh yg bg sy sangat berat, gimana cara menghadapi dan mengatasinya. Trima ksh.

  • naomi

    pak ustad, saya sudah melakukan taubat, tapi saya selalu mengalam kegundahan hati, apakah taubata sya diterima atau tidak, hal ini sampai membuat konsentrasi saya sering hilang dalam bekerja karena hal tersebut. yang ingin saya tanyakan gimana mengatasi perasaan itu

  • firdaus

    assalamu`alaikum wahai hamba allah.. semoga engkau selalu berada  dalam keadaan sehat wal-afiat,karna itu lah salah satu ni`mat yang sempurna yang telah diberi allah kepada hamba2nya…

    ustadz.. saya hanya ingin minta nasihatnya,di atas tersebut telah jelas bahwa dikatakan apabila wanita yang dizinai hingga hamil dan keduanya tidak boleh melakukan pernikahan disaat dalam keadaan hamil hingga melhirkan. kita tahu zaman sekarang ini sangat banyak umat nabi muhammad yang kurang akan pengetahuan agama sehingga mereka lalai dalam keadaan apapun. saya hanya minta nasihat ustadz saja, apa bila seorang wanita yang dizinai hamil dan salah satu pihak orang tua mereka minta untuk diselenggarakan pernikahan dalam masa keadaan hamil lantaran malu atau ketidaktahuan haramnya wanita pezina menikah dalam keadaan hamil… dan apa bila keduanya telah menikah dan mempunyai anak,dan mereka baru mengetahui akan hukumnya wanita pezina menikah dalam keadaan hamil…maka mereka sangat menyesali dengan apa yang mereka tidak ketahui..
    menurut ustadz bagaimanakah keadaan mereka disisi allah saat itu…?
    apakah sah nikahnya mereka atau tidak…
    dan bagaimana seharusnya mereka lakukan nanti.
    terima kasih…
    wassalamu`alaikum wr.wb

    • Anonymous

      setelah wanita itu melahirkan…ulang lagi nikahnya…
      karena nikah yg pertama itu tidak syah…klo tidak diulang..artinya mereka berzina seumur hidup

  • hamba

    saya pingin berhenti dari perbuatan buruk saya, akan tetapi bila teringat dengan hal tersebut beban di hati sangatlah berat bagaimana mengatasinya ?
     

  • setya

    apakah jika kita berkata pulang saja kerumah orang tuamu, pergi saja dari rumah, terhadap istri.

  • Kris

    Ustd apa doa agar kita dberi kekuatan untuk jalani taubtan nasuha?krn sya brusaha untuk itu,tp sya pun jg ingin mnyadarkn dia agar kmbli k jln yg bnar,krn sya rindu akn ktenangan sblm sya brtemu dgn nya,n sya ykin dia bsa dsadarkn mk tu sya trus brsmana

  • Cara taubat dari zina

    Ass.pa ustad…sya ingin bertaubat..saya bnar2 menyesali karena sudah melakukan perbuatan zina 1 kali..saya ingin taubat.cara2 taubat yg benar gmana?d tggu jawabanya wass…

  • hamba ALLAH yg ingin bertaubat

    Ass.pa ustad…sya ingin bertaubat..saya bnar2 menyesali karena sudah melakukan perbuatan zina 1 kali..saya ingin taubat. apa lg saya byk bgt menyakiti perasaan org, sya pernah jg mengancam org yg sya sayangi, tp sya bnr2 menyesal, saya ingin kmbli ke jlan Yg di ridhoi oleh ALLAH swt.
    cara2 taubat yg benar gmana?d tggu jawabanya wass…

  • yan N'jzm

    Ass….Uztad apa cara meringankan dosa meninggalkan anak2 istri……..

  • Moslem

    Bismillaah
    Niat ikhls mau brtaubat
    Mnyesali dosa
    Brtekad tdk m’ulangi
    Mganti kburukn dg kbaikn
    Mmberikn hak2 org2 yg prnh didholimi
    Alloohua’lam

  • ain

    salam maaf bertanya.. melalui jawapan ustaz td berkenaan dgn wanita yg hamil kerana zina tak boleh d kawini.. jadi kalau mereka bernkah juga pada saat wanita itu hamil apa hukumnya..? syukran jazilan..

  • hamba ALLAH

    assalamualaikum…..ustad
    saya pernah berbuat maksiat dengan seorang anak laki-laki = sodomi/homo
    saya ingin bertobat mohon bantuannya?
    bagaimana supaya allah mengampuni dosa saya?
    dan saya meminta cara untuk bertobat?

    wassalamualaikum…………..

  • catleya

    assalamualaikum wr. wb

    saya ingin brtanya . . .
    jika seorang wanita ingin bertaubat karena telah melakukan ciuman dgn lelaki itu pasti berdosa. dan ia ingin bertaubat .bagaimana caranya ???
    dan bagaimana cara menghilangkan dihantui rasa bersalah karena melakukan hal itu ?
    menhilangkan rasa dikejar2 dosa . . .
    dan apakah cerita tentang bahwa pernah ciuman dgn lelaki lain seperti ini harus diceritakan pada calon suami sih wanita tsb ???

    mohon bantuanya
    syukron . .

  • ari

    pak ustad
    gmn sich taubat dri zina
    N lok kta sdah taubat pa shlt kta msh dtrima

  • Riri

    Asslkum,,
    p’ustadz sya mau bertnya,,
    apkah msh pntas d’ampuni org yg stiap dia mlkukn zina,,dia mhon ampun,,,tpi stlah itu dia mlkukn ge prbuatan’y,,,?
    Dan kali ini dia bnar2 ingin bertaubat..?

    • Lina 16 thn,juni '11

      Ass. . . Wr.wb
      pak ustad,sya mau bertny, . . Ap hkumny bgi orang yg berpacaran n berciuman dg lawan jenis, . . . Dan apa yg hrz d lakukan jika ingn bertaubat, . . Terima kasih
      wass. . . Wr.wb

  • Anonymous

    bismillahirahmanirrahim
    asslm alkm.wr.wb
    saya hmba allah yg prnah brzina……………
    dan skrang hmba mxsal dan ingn brtaubat,bgaimn cr taubt yg hrs aku lakukan skrg_?
    skian .wasslm

  • roy

    assallamualaikum ustaz.

    mengenai kisah penzinaan ini, saya ingin bertanyakan adakah lelaki yg telah bertaubat dari kesalahan penzinaannya akan berkahwin dengan perempuan yang dari dalam kalangan orang yang telah melakukan zina juga?

    Adakah tidak sah perkahwinannya itu jika lelaki tersebut berkahwin dengan perempuan yang masih suci sedangkan lelaki itu telah bertaubat?

  • sss

    asslm ust, ana sss

    ana sering melakukan zina mata, misal melihat sesuatu yang tidak pantas ana lihat..ana ingin benar-benar bertaubat dari hal itu, tapi..kadang ana tak mampu mengendalikan diri..sehingga kadang perbuatan tsb terulang lagi…dan begitu seterusnya…minta solusinya ust

  • hamba Allah

    saya pernah berzina dan sudah bertaubat…tapi batin saya belum tenang kareana masih sering tergoda untuk melakukan lagi…bagaimana ustad apa yang harus hamba lakukan? mohon pencerahannya…saya ingin benar2x menjahui maksiat dan menjadi manusia yang berakhlak…

  • yadi muhammad

    pak ustadz!

  • iwan widya tinarto

    ass.wr.wb
    ustad yg dirahmati allah…..
    saya hidupnya selalu dalam cobaan allah,,,mohon petunjuk dan doanya untuk dapat menjadi hamba yang disayang allah

  • wahida

    ass… pak ustadz apakah seseorang yang berbuat zina. trus wanita itu hamil,kemudian mereka menikah sebelum bayi itu lahir.apakah setelah bayi itu lahir kedua orang yang berbuat zina ini harus menikah lagi

    • zuhroh

      iya harus menikah lagi karena wanita dalam keadaan hamil tidak boleh dinikahi…
      menurut saya menikah sebelum bayi lahir hanya bertujuan menutupi aib dari tetangga. dan kedua mempelai tidak boleh melakukan hubungan suami istri karena nikahnya tidak sah.untuk menjadikan sah maka setelah bayi lahir harus ijab qobul lagi

  • L

    tolong bantu aku untuk bertaubat..aku ingin kembali kejalan yg dikhendaki Allah swt..

  • Rini Hartati

    Asalamualaikum Uztad,suami saya dimakamkan di Yoga sedangkan saya dan anak-anak tinggal di Magelang ,karena jarak jauh sehingga tiap jumat saya tidak bisa ke makam untuk mendoakan. Saya kirim yasin di rumah dan mendoakan tiap hari , apakah dosa suami saya diampuni, meski saya tidak ke makamnya?

    Wa’alaykumussalaam, doa akan sampai kepada Allah jika dilakukan dengan ikhlas dan benar, dan tidak ada tuntunan dalam Islam untuk membacakan Yasin apalagi mengkhususkan ziaroh untuk mendoakannya (tidak ada tuntunannya), jadi tidak perlu dilakukan. Wallahu a’lam.

  • hisbul

    Assalamualaikum Wr Wb.
    Pak ustadz, sya mau tanya..
    saya telah melakukan zinah sama pacar saya,.tapi tidak sampek parah cuma sekedar pegang – pegang saja dan itu sering saya lakukan..apakah dosa saya akan diampuni oleh Allah SWT ?.apakah dosa saya sama seperti dosa orang yang berzinah sampek sang pacar hamil ?..dan sekarang saya sadar dan ingin bertobat…terimakasih sebelumnya..
    wassalamualaikum Wr Wb.

    Wa’alaykumussalam warahmatullah,
    Yang demikian bukan termasuk zina yang harus dihukumi sebagaimana penjelasan di atas, akan tetapi perbuatan tersebut tetaplah keharaman karena didalamnya terjadi perbuatan dosa diantaranya mendekati zina berupa zina mata, zina hati, zina tangan. Tinggalkan perbuatan itu dan taubatlah dengan benar. Dengan TAUBAT YANG BENAR sebagaimana yang dijelaskan ulama, maka dosa apapun pasti akan diampuni oleh Allah.

  • nanna

    assalam, pak ustad..
    sy mau tanya, apakah orang yg sudah pernah berzina itu tidak boleh di nikahi oleh orang yg masih suci? atau yg belum pernah berzina sma sekali?
    trimakasih. mohon jawabannya!!
    wassalam..

  • maghdalina

    asslkm uztad
    jika seseorang ingin bertaubat dg sungguh,tp godaan bgtu besar adakah amalan yang bisa menuntun seseorang utk bertobat dg sesungguh2nya tobat, saya baru mulai proses menjalani taubat nasuha,mohon bimbingannya

  • andi

    assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh….
    ustad saya ingin bertanya….
    saya berulang kali melakukan zina…tpi zina yang saya nggak sampe melakukan hubungan suami istri…….
    maaf ustad kami hanya melakukan ciuman aja…..sampe ( maaf ustad )saya hanya cium sampe daerah badannya….awalnya saya nggak kepengen ustad cuma pacar saya yang minta gitu…..karena saya sayang banget ma pacar saya …sampe apapun yang dibilangnya saya turutin…saya menyesal ustad dan saya pun dah memberitahu sama pacar saya ustad..sepakat tidak melakukan perbuatan itu lagi….tapi kenapa ustad setiap saya shalat,,,selalu aja shalat saya tidak khusuk…….pikiran dan hati saya sama sekali tidak dapat menyentuh nikmat nya shalat seperti golongan orang beriman yang melakukan shalat di tengah malam….pikiran saya semakin kusut ……rezeki saya jauh ustad…..ustad saya minta saran……bagaimana supaya saya bisa shalat dengan pikiran dan hati saya bisa tenang dan khusuk…

  • surya

    assalamu’alaikum pak ustazd…
    tolong saya …bagaimana mengusir setan yg selalu menjerumuskan saya pada pezinaan, walaupun saya telah menyesali perbuatan itu bahkan saya pernah sholt taubat tp saya kembali tdk berdaya dan mengulanginya terus. demi Allah saya ingin ada yang menolong saya agar berhenti dari kebiasaan buruk ini, terimaksih atas bantuannya

  • adi

    Nama saya adi, beberapa hari yang lalu saya mengenal seorang wanita soleha, dan wanita tersebut membuat saya jatuh hati, karena dia adalah wanita yang saya idam-idamkan. Saya berniat menikahinya, saya berdoa dan meminta petunjuk untuk dikuatkan keyakinannya akan wanita ini, akan tetapi ada hal yang mengganjal dan membuat saya shock ketika dia mengatakan bahwa dia tidak suci lagi, dia pernah berzina, saya sangat sedih bercampur kecewa. Lantas yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada azab yang akan ditujukan kepada kita jika tetap menikah? tindakan apa yang saya harus ambil seandainya saya jadi menikahinya, apakah saya harus menjelaskan kondisi wanita ini pada keluarga saya? ato hanya saya yang mengetahuinya? mohon bantuannya pak ustadz, sukron…

    Admin:
    Seorang yang telah bertaubat dengan benar dari dosanya insya Allah akan diterima taubatnya dan semoga Alloh menghapus dosa-dosanya yang lalu, setelah bertaubat maka selanjutnya itu tidak menjadi penghalang bagi siapapun menikahinya. Pernikahan itu tidak salah, tidak mungkin pula Alloh mengazab hambaNya yang inabah kepadaNya. Aib dosa-dosa yang telah lalu yg telah taubat darinya maka janganlah dibuka, tidak perlu diketahui siapapun. Wallohu a’lam.

  • LANA

    ASALAM’MUALAIKUM. WR. WB.
    ustad saya mau nanya,MAAF ustad, dulu saya melakukan zina semasa sekolah,dan saya melakukany hanya satu laki2 dan itu pun sudah 2 tahunan, saya sadar klu yg saya lakukan itu salah, saya sudh shlat taubat, apakah dosa2 saya d ampunin dan shlat saya d terima ALLAH.??
    Dan kenapa setiap saya melihat sosok seorang perempuan, saya merasa minder krn saya sudah tidak PERAWAN LAGI. Menurut ustad apa yg harus saya lakukan utk menghilangkan rasa minder itu.

Leave a Reply

  

  

  


one + = 10

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>